Dongeng | Kancil dan Kerbau yang baik hati

|
Kerbau
Dongeng | Kancil dan Kerbau yang baik hati - Ada pepatah "bodoh seperti kerbau" benarkah hewan ini semuanya bodoh? Ah ternyata tidak semua kerbau itu bodoh.

Pada suatu hari Kerbau bertemu dengan Kancil. "Hai Kerbau punukmu (punggung) yang lunak itu selalu menjadi incaran harimau dan buaya maka hati-hatilah jika kau bertemu dengan kedua hewan itu." pesan si Kancil.

Si Kerbau yang lugu dan sedehana itu merenungkan ucapan si Kancil. Ia terus berjalan dansuatu ketika mendengar hewan lain memanggil namanya.

Trenyata seekor buaya yang datang minta tolong, "Kerbau, tolonglah istriku. Ia terjepit sebatang pohon yang roboh di tepi sungai. Sudah dua hari aku berusaha menolong tapi aku tak mampu melepaskannya."

Kerbau tetap waspada. Tapi hatinya tak tega mendengar sesama hewan minta pertolongan. Ia datang ke tepi sungai, "Ah kasian kalian..."

"Aduh, pohon ini memang besar dan berat. "ujar Kerbau. Tapi akan kucoba."

Si Kerbau mengheningkan cipta, mohon agar diberi kekuatan yang besar kepada tuhan.

Kayu diangkat dengan tanduknya. Ketika agak bergeser sedikit buaya yang tertindih segera meloloskan diri. Begitu lolos si buaya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga.

Ternyata buaya-buaya itu tidak melahap punuknya. Mereka segera turun ke sungai. Kerbau merasa lega. Kancil yang dari kejauhan memperhatikan kejadian itu segeramenghampiri kerbau. "Hai Kerbau kau tetap harus hati-hati, sekarang saja mereka nampaknya baik, suatu ketika jika kau lengah punukmu pasti di terkamnya."

"Kancil !" bentak Kerbau, "ternyata omonganmu ngawur. Tidak semua hewan itu jahat. Buktinya buaya-buaya tadi tidak memangsa punukku. Sudah kau jangan ngaco !."

"Sebenarnya aku tahu, kekuatanku tidak seimbang dengan berat pohon yang besar tadi. Tapi berkat niat baik yang betul-betuk ikhlas maka aku mampu mengangkatnya.
Suatu ketika jika kamu memerlukan aku juga akan menolongmu."

Si Kerbau memang dikenal sebagai hewan yang baik diseluruh hutan. Ia bukan saja sering menolong hewan tapi juga pernah menolong anak gembala.

Suatu hari ada seekor harimau yang akan memangsa anak gembala. Kebetulan si Kerbau ada ditempat itu> Maka Kerbau itu mati-matian berusaha menolong anak gembala, walaupun di sana-sini kulitnya sobek dicakar harimau, namun Kerbau yang kuat itu akhirnya mampu mengalahkan harimau dengan tanduknya.

Sejak saat itu terjalinlah persahabatan antara Kerbau dan anak gembala. Si anak gembala merawat dan mengobati luka-luka ditubuh Kerbau.

Si Kancil merasa kecewa karena usahanya mengadu domba antara Kerbau dengan para buaya tidak berhasil.

Para buaya juga selalu waspada , sebab si Kancil biasanya suka jahil. "Awas kau Kancil ! kalau bikin susah para buaya kamu akan kami terkam jadi makanan kami." Kata buaya.

Sekian, semoga dapat bermanfaat untuk menghantarkan tidur buah hati Anda ke alam mimpi. Nice dream and Happy Blogging. Baca juga Dongeng lainnya.




6 komentar:

Nur Aiydha said...

dongeng sebelum tidur.. hahah
mampir gan :D

Harmansyah said...

@Nur, Hahahay :D Thanks ga uda mampir

sakahayang.com said...

dongeng yang penuh pelajaran didalamnya,,,

wilujeng bobo

Harmansyah said...

@sakahayang.com, Alhamdulillah semoga bermanfaat thanks

Agunk Takbir Ramadhan said...

akaka,,lucu juga gan ..smpe pegel bacanya ..
tetap semangt gan..hehe

Harmansyah said...

@Adunk, Hehe sobat thanks

Post a Comment

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Tidak Melakukan Spam dan Tunggu Komentar Saya diBlog Anda, Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...