Kenali Potensi, Minat dan Bakat

|
Potensi, Minat dan Bakat
Motivasi | Kenali Potensi, Minat dan Bakat - Bisa kuliah dijurusan favorit perguruan tinggi beken adalah impian semua siswa selepas SMU. Tapi yang namanya favorit, tentu saja persaingannya ketat. Wajar banget kalau banyak yang tidak lolos atau kecewa. Tetapi apakah langkah kita sudah tepat ikut-ikutan milih jurusan favorit? Jangan-jangan kita memang tidak cocok disana, atau belum tentu sukses setelah lulus kelak.

Bukan cuma kecerdasan
Coba deh Anda ingat-ingat, pelajaran apa yang paling Anda minati? Matematika?, Fisika? Bagaimana dengan prestasi yang Anda peroleh pada mata pelajaran tersebut? Kalau nilaimu diatas rata-rata, mungkin Anda tergolong orang cerdas.
Terus tanya sama diri Anda sendiri, aku suka minderan tidak? Senang kerja sendirian atau berkelompok? Perhatian atau cenderung cuek sama orang lain?.
Bagaimana juga kondisi kesehatan Anda? Keuangan keluarga? (hehe saya jadi seperti petugas sensus).
Ini hanya sebagia dari beberapa pertimbangan sebelum kita menentukan kemana kita selepas SMU. Karena biasanya kita menganggap 'hebat' teman kita yang lolos masuk fakultas kedokteran atau teknik. Kita terlanjur meyakini bahwa dia pasti sukses. Padahal tak jarang teman-teman kita itu kandas studinya di tengah jalan. Ada juga yang tercengang karena temannya yang lulus dari Fakultas Teknik malah jadi teler pada sebuah bank. Apa mereka salah jurusan?.
Kesuksesan seseorang ternyata bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan IQ-nya. Bisa saja intelejensinya tinggi, tetapi sikap hidupnya negatif, misalnya boros, suka meremehkan sesuatu atau kurang daya juangnya. Orang sepertimungkin saja jadi dokter, misalnya, tetapi sulit menjadi dokter yang profesional.
Sebaliknya teman kita yang lain yang mungkin pernah kita pandang sebelah mata karena masuk ke sekolah mode, ternyata beberapa tahun kemudian ia menjadi seorang desainer kondang.
Selain faktor sikap hidup, kesuksesan juga di temntukan oleh kesempatan dan peluang.

Nah!
Walaupun kesuksesan bukanlah terukur dari materi, materi yang diperoleh seseorang setidaknya berbicara tentang perjuangan hidupnya. Dan bagi seorang muslim, bukanlah materi semata yang menjadi fokus kesuksesan. Namun, sebuah sunatullah, setiap prestasi akan mendapat penghargaan, termasuk penghargaan berupa materi. Kalau hidupmu ingin sukses maka berprestasilah.
Sahabat, banyak orang yakin bahwa menuju gerbang kesuksesan ditentukan dari piihan kita selepas SMU. Memang sih ada benarnya, karena usia kita memang tergolong dewasa, waar dogkalau mulai memikirkan masa depan? Tetapi sayang, masih banyak diantara kita yang menjatuhkanpilihannya hanya karena ikut-ikutan, gengsi atau rekomendasi orang tua.
Ada baiknya sejak SMP Anda sudah melihat-lihat bidang apa yang menarik hatimu, nanya-nanya tentang proesi, peluang kerjadan sebagainya. Dari sinilah akan muncul sebuah motivasi (bahasa kita adalah cita-cita).
Begitu SMU, tingkatan informasi tentang jurusan-jurusan di perguruan tinggi, peluang dan tantangannya. Jadi Anda tidak menjadi kebingungan.

Lalu?
Anda harus menjadi diri Anda sendiri. Beranikan tampil apa adanya. Untuk menentukan pilihan, Anda harus mengetahui kemampuan intelektual, sikap kerja, kepribadian, serta minat dan bakat. Keempat faktor inilah yang saling mempengaruhi kesuksesan Anda.
Ikutilah tes penelusuran bakat dan minat yang diselenggarakan oleh psikolog yang memiliki izin atau mendatangi tempat-tempat resmi.
Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah kemampuan dari segi biaya. Walau bagaimana pun kita harus bisa bersikap realistis. Tidak mungkin dong kita maksa orang tua membiayai kuliah kalau nyatanya mereka tidak punya dana yang cukup. Kita harus mampu melihat 'dunia lain'. Bukalah mata bahwa kuliah selepas SMU bukan satu-satunya pilihan. Arahkan wajah Anda pada pilihan selain kuliah. Dan Anda akan menemukan banyak pilihan : Bekerja (dengan melamar pada perusahaan, atau berwiraswasta) siapa tahu bisa mengumpulkan dana untuk kuliah nantinya?, kursus (ini lebih banyak lagi bidangnya), aktif pada kegiatan sosial (remaja masjid, TPA dan lain-lain).
Akhirnya, coba deh renungkan kalimat ini "Tidaklah menjadi penting kita berprestasi sebagai APA, karena yang lebih penting adalah BERAPA BESAR prestasi yang kita peroleh".

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi.

Kemampuan Intelektual itu mencakup :
- Kederdasan
- Daya tangkap
- Kemampuan analisis
- Kemampuan verbal
- Kemampuan hitung

Catatan : Bila Anda berminat jadi dokter, sementara Anda kurangcerdas dan tidak tekun, jangan kecil hati. Anda masih bisa memilih jurusan yang berbau medis seperti Fakultas Kesehatan Masyarakat, Akademi Gizi dan lain sebagainya.

Sikap Kerja meliputi :
- Cara kerja
- Ketekunan
- Daya tahannya dalam mengerjakan tugas
- Hasrat berprestasi
- Ketelitian
- Sistematika kerja
- Daya juang menyelesaikan tugas

Kepribadian merupakan cerminan dari :
- Ketahanan fisik
- Konsep diri
- Kemampuan bekerja sama
- Stabilitas emosi
- Rasa percaya diri
- Kemampuan komunikasi
- Kemampuan menyelesaikan masalah

Demikian artikel tentang motivasi mengenali potensi, minat dan bakat untuk meraih suatu kesukesan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca juga Motivasi | (Jangan) Salah Pilih Malah Bingung (SPMB) dan artikel Motivasi lainnya. Happy blogging.



5 komentar:

bredmart said...

kunjungan malam,,
keberuntungan juga berpengaruh,.,,,,

Harmansyah said...

@bredmart, Yo'i sobat setuju sekali thanks tambahannya :)

Beryn cantik said...

yang penting Langsung di kerjakan jangan di tunda...:)

Harmansyah said...

@Beryn cantik, Siip beryn tambahannya :)

Unknown said...

Xavi Gerad Jude Am. Aiicco Insurans plc wakil. Kami menawarkan pinjaman kepada

kadar bayaran balik 3%. Ini (CEO) hubungi kami jika anda berminat alamat e-mel:

xavigeradloanfirm@yahoo.com
Aiicco insurans plc mengambil hanya dibenarkan mendaftar lebih umur 20.
Pelaburan Pinjaman Peribadi.
Pinjaman harta Pelaburan.
Pinjaman penyatuan.
Pembinaan Pinjaman.
Pilih satu atau pembayaran-tahun.
Pilih antara bayaran bulanan dan tahunan di bawah Rancangan.
Terma pinjaman yang fleksibel.
Tiada pinjaman sehingga untuk Tahun EUR 5000 8000.000.00.
Syarikat kami adalah proses yang boleh dipercayai, cekap, pantas dan dinamik.

Hubungi kami hari ini .. Jude GERAD SR Pelaburan plc: Jawapan hendaklah

dihantar Namakan. E-mail: xavigeradloanfirm@yahoo.com

Post a Comment

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Tidak Melakukan Spam dan Tunggu Komentar Saya diBlog Anda, Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...