Motivasi | (Jangan) Salah Pilih Malah Bingung (SPMB)

|
Salah Pilih Malah Bingung (SPMB)
Motivasi | (Jangan) Salah Pilih Malah Bingung (SPMB) - Artikel kali ini saya posting buat Anda yang baru saja melaksanakan UAN dan akhirnya lulus sekolah semoga saja lulus dengan sangat memuaskan. Anda pasti tahu arti SPMB yang asli kan? tanpa melihat judul artikel di atas hehe, yups SPMB merupakan singkatan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Hahay sebentar lagi bakal jadi saat-saat menegangkan buat Anda-anda yang ingin banget melanjutkan studi ke perguruan tingi (PT). Masih ada waktu buat siap-siap dan memilih studi dan PT yang tepat. Pokoknya jangan sampai Salah Pilih, nanti Malah Bingung, SPMB deh sesuai dengan judul di atas.

Semua ilmu oke kecuali ilmu sihir
Menjadi mahasiswa dan bisa belajar di PT memang masih jadi harapan sebagian Anda-anda yang mau lulus SMU. Siapa sih yang tidak mau belajar tinggi-tinggi?. Terus ngerasain juga asyiknya tidak pakai seragam dan belajar pindah-pindah ruang? dan banyak berbagai pengalaman yang tidak bisa diperoleh waktu SD - SMU.
Ehm, jadi dokter, insinyur, ekonom, ahli hukum memang masih menjadi inceran oleh sebagian besar pelajar, juga syarat calon mertua hahay. Padahal bertabur bidang-bidang yang sama okenya, bahkan bisa lebih oke (dari segi materi misalnya). Yang jelas, semua ilmu itu oke, kecuali ilmu sihir. Itu prinsip dasarnya. Tapi semua ilmu jadi tidak oke, kalau pencarian, pemanfaatan dan pengamalannya tidak benar.

Pilih mana?
Tapii... sebelum pilih, Anda harus tahu dulu jalur atau jenjang pendidikan yang ada. Berapa lama Anda mau menghabiskan waktu di bangku kuliah? Secepatnya? Berapa cepat? Selain ditentukan oleh kemampuan, hal ini juga tergantung dari jalur/jenjang pendidikanyang Anda ambil. Pendidikan tinggi di Indonesia mengenal dua jalur pendidikan, yaitu jalur akademik (jenjang sarjana) dan jalur profesional (jenjang diploma). Jalur akademik menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan sedangkan jalur profesional menekankan pada penerapan keahlian tertentu.
Perlu Anda ketahui juga, jenjang diploma dirancang sebagai jenjang terminal. Maksudnya, lulusannya dipersiapkan untuk langsung memasuki dunia kerja, bukan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (walaupun sekarang ada yang disebut program lintas jalur, dari diploma ke sarjana). Ini berbeda dengan jenjang sarjana, yang membuka kesempatan llulusannya untuk terus mengembangkan ilmu.
Yang juga harus diperhatikan adalah tingkat persaingan dipasar kerja. Kalau banyak tenaga sarjana yang tersedia, perusahaan akan lebih memprioritaskannya dibandingkan lulusan diploma.

Yang PTN dan yang gratisan
Oke Anda sudah tahu jenjang pendidikan, sekarang yuk pilih-pilih!
Ada banyak pilihan pendidikan tinggi. Salah satu yang paling banyak diminati adalah kedinasan atau yang sering disebut 'Sekolah Plat Merah'. Biasanya milik pemerintah (departemen) tertentu, seperti STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri), STP (Sekolah Tinggi Perikanan), AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan), STT Telkom, AIS (Akademi Ilmu Statistik), dan lain sebagainya.
Memang enak, selain gratis dan murah, ada juga yang mendapat uang saku, dan dijamin kerja. Nah, namanya gratis tentu saja kuliahnya juga tidak gampang dong. Biasanya sekolah-sekolah itu menerapkan disiplin dan persyaratan akademik yang cukup ketat. Ujian masuknya pun cukup ketat, biasnya dilakukan sebelum SPMB. Coba deh kamu cari info sebanyak-banyaknya, bisa melalui situs mereka atau media masa. Mereka juga sering ngasi info visa sekolah.
Kalau Anda ikut SPMB, berarti Anda harus siap-sipa bersaing memperebutkan bangku PTN yang jumlahnya terbatas itu. Tapi kalau strategi Anda tepat, Anda bisa koq meraihnya. Misalnya, pilih jurusan yang perbandingan bangkuyang disediakan dengan peserta SPMB yang memilihnya kecil. Tapi lagi-lagi, ini harus cermat banget sobat. Jangan cuma karena ingin gengsi kuliah di PTN, Anda asal-asalan saja memilih (hahay makan tu gengsi). Yang penting kembali pada minat, bakat, kondisi keuangan, dan sebagainya.
Terus, jangan juga belum apa-apa sudah underestimate dan apriori dengan sebuah atau beberapa program studi. Bisa jadi program studi tersebut kelak sangat dicari lulusannya. So, Amda harus benar-benar cermat dalam memilih. jangan mudah kemakan rayuan teman yang belum tentu benar. Jurusan bergengsi belum tentu masa depan indah (ini tergantung manusianya juga hehe).

Kalau kuliah di PTS
Sekolah pat merah tidak dapat, SPMB tidak lolos, hiks...hiks...gimana dong? Tenang, kalau Anda niat banget kuliah dan kendisi keuangan memungkinkan, Anda bisa ngelirik perguruan tinggi swasta (PTS). Dengan jumlah yang banyak dan beragam, memilih PTS harus lebih cermat lagi. Bayangkan, saat ini ada sekitar 1400 PTS diseluruh Indonesia. Nah, yang penting harus Anda perhatikan :

- Reputasi PTS. Reputasi disini berarti PTS yang bersangkutan secara umum dikenal sebagai PTS yang baik, memiliki sarana belajar mengajar yang baik dengan fasilitas yang memadai. Reputasi memang diraih melalui perjalanan panjang dan tidak datang dalam sekejab. Namun bukan berarti juga Anda tidak melirik PTS yang baru berdiri. Ada juga lo yang bagus. Yang penting perhatikan pengelola dan fasilitasnya.
- Akreditasi. Status akreditasi diberikan pada program studi sebuah PTS, bukan program studi. Status inbi diberikan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Secara umum terbagi bagi seluruh PT. Status akreditasi menentukan kemandirian suatu program studi dalam melaksanakan proses belajar mengajar, misalnya, program studi yang sudah terakreditasi berhak melaksanakan sendiri semua kegiatannya (seperti ujian). So, sobat, belum tentu sebuah program studi di PTN itu selalu lebih baik.
- Kualitas dan kuantitas dosen. Undang-Undang Pendidikan Tinggi mensyaratkan tercapainya nisbah (rasio) antara dosen tetap dan mahasiswa sebesar 1:30 untuk bidang studi IPS dan 1:25 untuk bidang studi IPA. So kalau perbandingannya 1:200? Waduh itu sih tablig akbar hahay.

Masih ada kapal ke Cina
Masih belum punya kesempatan juga untuk melanjutkan ke PTS? Aduuuuh... jangan meluk pohon sambil nyanyi India ya. Ada banyak hal koq yang bisa Anda lakukan. Contohnya, ikut kursus-kursus singkat. Bahkan ada juga lo kursus-kursus gratis. Di internet misalnya, bisa Anda dapatkan berbagai kursus gratis, dari kursus bahasa sampai kursus memasak, untuk yang sekarang paling banyak digemari orang-orang yakni kursus blogger seperti saya yang lagi belajar ngeblog hahay. Nah, masih ada kapal ke Cina kan? :) jangan patah semangat semua pasti ada jalan buat kalian yag ingin terus belajar mengembangkan ilmu Anda.




2 komentar:

aubout vita said...

Xavi Gerad Jude Am. Aiicco Insurans plc wakil. Kami menawarkan pinjaman kepada

kadar bayaran balik 3%. Ini (CEO) hubungi kami jika anda berminat alamat e-mel:

xavigeradloanfirm@yahoo.com
Aiicco insurans plc mengambil hanya dibenarkan mendaftar lebih umur 20.
Pelaburan Pinjaman Peribadi.
Pinjaman harta Pelaburan.
Pinjaman penyatuan.
Pembinaan Pinjaman.
Pilih satu atau pembayaran-tahun.
Pilih antara bayaran bulanan dan tahunan di bawah Rancangan.
Terma pinjaman yang fleksibel.
Tiada pinjaman sehingga untuk Tahun EUR 5000 8000.000.00.
Syarikat kami adalah proses yang boleh dipercayai, cekap, pantas dan dinamik.

Hubungi kami hari ini .. Jude GERAD SR Pelaburan plc: Jawapan hendaklah

dihantar Namakan. E-mail: xavigeradloanfirm@yahoo.com

brand jepara said...

makasih infonya gan

Post a Comment

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Tidak Melakukan Spam dan Tunggu Komentar Saya diBlog Anda, Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...