Tips Jitu Mengenali Seorang Pembohong dan Pendusta

|
Pembohong, Pendusta
Tips Jitu Mengenali Seorang Pembohong dan Pendusta - Dapatkah tubuh berdusta? Ya, bisa. Ekspresi-ekspresi mikro mengirim ke luar pesan-pesan bawah sadar. Gerakan-gerakan ini pada umumnya kecil, mulai dari kedipan mata sampai menggosok-gosok tangan.

Para anggota juri menjadi sangat terampil dalam mencari petunjuk-petunjuk kebenaran atau kebohongan dalam cara mengangkat bahu, mengernyitkan dahi, mantapnya suatu tatapan.

"Ruang-ruang pengadilan berasumsi bahwa kita jauh lebih bisa menilai kebenaran seseorang jika kita melihatnya," kata Phoebe Ellsworth, guru besar ilmu hukum dan psikologi di sekola Ilmu Hukum Universitas Michigan. Itulah sebabnya mengapa sebagian besar saksi diinterogasi di pegadilan terbuka di hadapan seorang hakim dan juri."

Sayang sekali, kebanyakan orang tidak terampil menafsirkan tanda-tanda kebohongan kecil ini. Sering mereka yang diadili sudah berbohong banyak kali sebelumnya. Dan para pakar perilaku mengatakan bahwa semakin banyak seseorang berdusta, ia menjadi lebih sigap menekan tanda-tanda yang menunjukkan dusta itu. Jika seseorang pendusta berpengalaman bisa mengelabui polisi dan orang-orang berwenang lainnya, maka mereka juga bisa mengelabui Anda.

Dibawah ini beberapa cara Anda bisa ditipu, bahkan oleh mereka yang Anda kenal denga baik. Tetapi hati-hati jangan sampai dikelabui. Berusahalah supaya Anda tidak begitu terbawa dalam memperhatikan gerakan tubuh sehingga Anda lupa mendengarkan apa yang dikatakan!.

Senyum terpaksa
Senyum sungguh-sungguh merebak ke seluruh wajah dan mengeriputkan mata. Senyum palsu lebih merupakan seringai dan biasanya menunjukkan hal-hal yang tidak benar.

Menyentuh wajah
Menarik-narik telinga dan menggosok-gosok mata mengatakan, "Aku tidak bisa melihatmu," karena kontak mata terputus. Begitu juga, menggosok-gosok hidung juga menunjukkan bahwa yang diceritakan adalah dusta.

Menggosok dagu
Menggosok-gosok telunjuk diatas dagu mengungkapkan ketidakpastian atau sesuatu yang tidak benar.

Mengetok-ngetok dengan jari
Inilah upaya dari tubuh untuk meninggalkan tempat kejadian atau untuk melarikan dri. Jari-jari sudah melarikan diri. Tindakan-tindakan lain termasuk mengetok-ngetok dengan kaki atau bermain perhiasan.

Menggaruk-garuk leher
Suatu gerakan yang juga mengungkapkan adalah menggaruk leher, lagi-lagi dengan telunjuk persais dibawah telinga, sama seperti menarik-narik telinga.

Menarik-narik kerah
Apabila seorang berdusta, suhu tubuh agak meningkat. Tangan secara otomatis menjangkau keatas untuk membiarkan udara masuk dengan melepaskan kerah. Gerakan ini sesungguhnya memperlihatkan bahwa seseorang "kepanasan didalam kerahnya."

Kedua tangan di saku
Indikasi-indikasi lain dari tangan yang mengungkapkan si pendusta adalah bermain dengan garis leher, menjejalkan tangan ke dalam jas, kemeja atau blus, atau ke dalam saku celana.

Tangan tertutup
Mengepal tinju juga memperlihatkan bahwa ada sesuatu yang disembunyikan, sedangkan telapak tangan terbuka memperlihatkan sikap terus terang.

Gerakan-gerakan tangan
Kebanyakan pendusta tidak banyak meggerakkan tangan waktu mereka berbicara. Tetapi mereka akan menggaruk tubuh mereka berkali-kali. Dr. David Lewis, yang mempelajari perilaku para pembohong, berkata, "Biasanya lima kali berturut-turut saling susul mereka menggaruk-garuk."

Gerakan-gerakan tubuh
Mengangkat bahu dan gerakan tubuh lainnya yang terjadi pada saat-saat tidak tepat bisa merupakan petunjuk kebohongan.

Mulut ditutup
Apanila seseorang meletakkan jari-jari mereka diatas mulut mereka, maka itulah sebuah gerakan menutup tanpa sadar yang mengatakan, "Aku sebenarnya tidak mengatakan itu!" Gerakan itu sensiri mencegah diucapkannya sesuatu lebih jauh.

Kaki
Apabila kaki mulai mengetuk (jika sedang berdiri) atau mengayun-ayun (jika sedang duduk), maka kemungkinan ada kebohongan yang sedang diceritakan. Perhatikan perubahan-perubahan mendadak lainnya dalam perilaku.

Perubahan-perubahan suara
Dengarkan nada dan titinada. Nada itu akan meninggi apabila dusta sedang diceritakan. Dengarkan untuk melihat apakah suara itu tegang atau apakah jeda antar ungkapan berlangsung lebih lama. Mengulur-ulur waktu untuk menjawab suatu pertanyaan memungkinkan pikiran menyusun jawaban yang rasional. Selain itu, permasalahan yang diungkapkan dengan berbicara terlalu banyak atau terlalu cepat.

Wajah membatu
Pendusta ulung emnutup ekspresi wajah. Mereka kemungkinan bisa mengendalikan diri mereka supaya duduk diam dan tampak tenang. Tetapi wajah mereka sama sekali tidak menampakkan emosi apa-apa, maka itulah tanda bahwa mereka seadng menyembunyikan sesuatu kebenaran. Hal seperti ini berlaku bagi banyak jenis pendusta, mulai dari penjahat profesional sampai si suami yang mengemabui istrinya, kecuali kalau orang bersangkutan memang secara alami memiliki wajah yang membatu hehe.

Secara pendek
Untuk menyatakannya dengan sederhana, perhatikan tanda-tanda ini:
- Banyak berkedip
- Gagap atau terbata-bata
- Senyum miring
- Angkat bahu dan tarik nafas
- Menjawab pertanyaan-pertanyaan terlalu hati-hati dan tenang.

Sekian Tips jitu mengenali seorang pembohong dan pendusta. Semoga dapat bermanfaat buat Anda yang selalu di bohongi oleh orang lain atau teman dekat Anda sendiri.

Baca juga Tips Mencintai Dirimu Sendiri yang mungkin bisa bermanfaat buat Anda. Happy Blogging.



4 komentar:

Rifani.pfr said...

smoga ini dibaca jg sama KPK ya Gan...

biar lebih ahli menangani koruptor yg pandai ngibul...
:D

Harmansyah said...

@ivan, Hahaha iya gan semoga aja :D Thanks

Unknown said...

Xavi Gerad Jude Am. Aiicco Insurans plc wakil. Kami menawarkan pinjaman kepada

kadar bayaran balik 3%. Ini (CEO) hubungi kami jika anda berminat alamat e-mel:

xavigeradloanfirm@yahoo.com
Aiicco insurans plc mengambil hanya dibenarkan mendaftar lebih umur 20.
Pelaburan Pinjaman Peribadi.
Pinjaman harta Pelaburan.
Pinjaman penyatuan.
Pembinaan Pinjaman.
Pilih satu atau pembayaran-tahun.
Pilih antara bayaran bulanan dan tahunan di bawah Rancangan.
Terma pinjaman yang fleksibel.
Tiada pinjaman sehingga untuk Tahun EUR 5000 8000.000.00.
Syarikat kami adalah proses yang boleh dipercayai, cekap, pantas dan dinamik.

Hubungi kami hari ini .. Jude GERAD SR Pelaburan plc: Jawapan hendaklah

dihantar Namakan. E-mail: xavigeradloanfirm@yahoo.com

Setyono Putro said...

Sepotong informasi ini adalah tentang kebiasaan baik dan perbuatan baik dari Perusahaan Pinjaman Adriana Malkova. Siapa sangka seseorang seperti Adriana Malkova tidak ada sampai saya menemukan salah satu iklan online mereka. Dia adalah malaikat yang dikirim dari atas. Saya Setyono Putro dan inilah yang Adriana Malkova lakukan dia menawarkan apa yang tidak dimiliki orang lain. Saya adalah pemilik bisnis yang menjadi hutang besar dengan Bank dan saya mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman tapi tidak ada yang berjalan dengan baik. Sebaliknya, mereka membawa saya ke hutang lebih banyak dan akhirnya meninggalkan saya 'jadi saat itulah saya bertemu dengan Adriana Malkova. Dia menawari saya pinjaman sebesar Rp 500.000.000 dengan suku bunga 2% bahkan ketika pada awalnya saya takut dia akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain yang saya coba pinjaman dari, tapi saya terkejut dia tidak seperti mereka. Sekarang saya akhirnya menyelesaikan hutang saya dan bisnis saya stabil dengan uang yang tersisa dalam pinjaman. Hubungi Adriana Malkova via e-mail. adrianamalkovaloan@gmail.com, atau Anda bisa menghubungi saya melalui e-mail saya jika Anda ingin tahu lebih banyak: putroholdins@gmail.com

Post a Comment

Silahkan Anda Berkomentar Dengan Tidak Melakukan Spam dan Tunggu Komentar Saya diBlog Anda, Terima Kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...